3 Cara Riset Pasar Untuk Toko Online Bagian 1: Riset Keyword

Riset PasarBanyak mastah/suhu internet marketing (IM) yang bilang bahwa riset pasar itu penting banget kalo kita mau terjun ke bisnis online, misalnya mau buka toko online. Dulu Mang Ujang ga ngerti apa itu riset pasar online (Riset Marketing), tapi setelah belajar sama mereka, baik itu lewat training atau ebooknya, Mang Ujang jadi ngerti apa itu riset pemasaran. Dan Mang Ujang juga jadi ngerti kenapa harus melakukan marketing riset. Dan yang lebih penting lagi, Mang Ujang jadi tau bagaimana cara melakukan riset pasar online.

Menurut Mang Ujang, artikel ini penting buat mitra semua yang punya keinginan untuk terjun di bisnis online dengan berjualan di internet, tapi belom tau bagaimana cara yang jitu memulai bisnis online, dan seperti apa langkah-langkah riset pemasaran online yang praktis dan mudah dipahami.

Nah, kali ini Mang Ujang mau nyoba praktek ilmu riset pasar dari para mastah IM, kali aja para mitra ada yang mau ikutan praktek juga. Di artikel ini Mang Ujang mau nyobain riset pasar online menggunakan cara yang pertama, yaitu Riset Keyword.

Yaa..walowpun Mang Ujang belom punya bisnis yang sukses yang bisa ditunjukin ke para mitra semua, ga ada salahnya Mang Ujang share ilmu dan pengalamannya disini. Harap maklum aja yah.. #DaAkuMahApaAtuh 🙂

 

Apaan Sih Riset Pasar Online Itu?

Para mitra semua, menurut pemahaman awam Mang Ujang, riset pasar online itu sederhananya mah ada di 2 pertanyaan ini:

  1. Apakah produk yang nanti kita jual itu ada yang nyari di internet?
  2. Kalo memang ada, siapa dan berapa banyak yang nyarinya?

Jadi intinya mah riset pasar online itu untuk mencari tau berapa besar kira-kira potensi keuntungannya kalo kita jualan suatu produk secara online.

 

Siapa Ajah Yg Harus Melakukan Riset Pasar?

Usaha yang udah maju biasanya punya konsultan khusus untuk ngeriset pasar. Yaa.. kalo engga pake konsultan juga minimal mereka punya tim khusus di dalam perusahaan yang dikasih kerjaan ngeriset pasar.

Tapi riset pasar itu ga cuman untuk usaha yang udah maju aja. Ceuk Mang Ujang mah usaha kecil-kecilan juga harus pake riset pasar dulu. Bahkan, ceuk kasarnya mah, mau jualan upil sekalipun, harus riset pasar dulu, jangan-jangan peminatnya banyak, kan peluang emas tuh..harta karun di hidung sendiri 😀 !

Jadi, siapapun dan apapun bisnisnya, sebaiknya sih ngelakuin riset pasar dulu.

 

Kenapa Harus Pake Riset Pasar Segala?

Alesan penting kenapa harus riset pasar ceuk Mang Ujang mah cuman 2 ajah, mitra, yaitu:

  1. Biar nanti kalo untung, hasilnya bisa lebih dimaksimalkan
  2. Biar nanti kalo rugi, resikonya bisa lebih diminimalkan

Itu aja udah.. 🙂

 

Dimana Tempat Untuk Riset Pasar Online?

Banyak tempat yang bisa kita amati & pelajari datanya untuk bahan riset pasar. Bisa pake data yang ada di Sosial Media kaya Facebook, Twitter, Youtube, dll.. Bisa juga pake data yang ada di Forum & Online Marketplace kaya OLX, Tokopedia, Kaskus, dll. Atau bisa juga pake data yang ada di Mesin Pencarian (search engine) kaya Google, Yahoo, Bing, dll. Intinya, dimana ada tempat orang lalu-lalang, disitulah tempat riset & jualan. Itu ilmu praktis dari mang tukang gorengan pinggir jalan 🙂

Mang Ujang sendiri biasanya lebih sering ngeriset pasar online pake datanya Abah Gugel. Kadang pake Facebook juga. Kalo masih ngerasa kurang juga, suka iseng ngintip di Tokopedia, heu3! Soalnya orang-orang di Indonesia banyak yang lalu-lalang di tiga tempat itu.

 

Kapan Bagusnya Melakukan Riset Pasar?

Mungkin ada yang nanya, riset pasar itu sebelom mulai usaha atow setelahnya? Atow bisa dilakukan sambil jalan?

Kalo kata Mang Ujang sih itu bisa kapan ajah. Emang sih bagusnya sebelom mulai usaha, tapi kalo mitra baru tau pentingnya riset pasar setelah usahanya jalan, ya usahanya ga perlu berhenti dulu trus usahanya di-restart lagi..heu3, emang komputer 😀 ! Sok weh riset sambil usaha berjalan.

Lagian kan perilaku konsumen ga selamanya tetap di satu kondisi, ada kalanya berubah, ngikutin perkembangan jaman. Jadi intinya, data risetnya harus selalu “diupdate” secara berkala 🙂

 

Gimana Cara Riset Pasar Online?

Nah mitra semua, mungkin ini yang dari tadi ditunggu-tunggu ya? Heu3.. meni tos teu sabar kitu atuh nya. Sok atuh ngalampar samak heula, karena sebentar lagi Mang Ujang mau kasih liat gimana langkah-langkahnya.

Ini mah Mang Ujang langsung kasih liat aja ya praktek Mang Ujang bikin toko online punya sendiri, jadi ga ada maksud untuk ngeguruin mitra semua. Anggap aja ini mah dokumentasi pengalaman pribadi.

Jadi ceritanya di awal taun 2015 ini Mang Ujang mau nyoba jadi reseller Dropship salah satu toko grosir fashion di Bandung. Khusus untuk uji coba yang pertama ini, toko online Mang Ujang nantinya mau dipake untuk jualan Tas & Sepatu Cibaduyut Bandung, namanya: UJANG BAG & SHOES.

Sebelom mulai jualan online, ada 3 riset yang akan Mang Ujang lakukan:

  1. Riset Keyword
  2. Riset Trend
  3. Riset Competitor

 

  1. Riset Keyword

Para mitra suka nanya ke Abah Gugel kan kalo mau nyari sesuatu di internet? Nah, pernah kepikiran ga kalo ternyata setiap kata kunci pencarian (keyword) yang mitra ketikin di kolom Gugel itu dicatet sama si Abah?

Dan faktanya emang kaya gitu, mitra. Semua keyword yang diketikin orang-orang tuh dicatet sama si Abah Gugel, dan disimpen di database milik dia.

Tapi untungnya, database si Abah Gugel itu bisa diakses sama kita-kita ini. Yaah..walowpun bisa jadi ga semuanya bisa diliat dan akurat, tapi lumayan lah buat bekel kita riset pasar.

Dengan memiliki data keyword yang diketikin orang-orang di kolom pencarian Gugel, kita bisa memperkirakan berapa banyak orang yang nyari produk yang kita jual. Kalo udah ketauan berapa banyak calon konsumennya, kita akan lebih mudah ngitung potensi keuntungannya, ya kan? Nyam..nyam 🙂

Lalu, dimana tempatnya database Gugel itu? Dan gimana caranya supaya kita bisa liat dalemannya? Hush! Daleman database Gugel yah, bukan daleman siapa-siapa! 🙂

Okeh kalo gitu, hayu ah urang praktek bareng Mang Ujang. Ikutin ajah yah dari belakang 🙂

Mangga para mitra semua liat aja langsung di Youtube:

 

Penutup

Para mitra semua, demikian Cara & Langkah Melakukan Riset Pasar Online. Masih ada 2 ilmu lagi yang mau Mang Ujang coba praktekin, yaitu:

  1. Riset Trend

Riset ini untuk mengetahui produk yang lagi ngetrend & populer di internet dalam rentang waktu tertentu.

Keliatannya sih ini cocok buat para mitra yang masih belom tau produk apa yang mau dijual di internet.

 

  1. Riset Competitor

Riset ini untuk mengetahui tingkat persaingan usaha di internet.

Penting banget kayanya untuk setiap pebisnis kaya kita, biar kita bisa ngukur kekuatan daya saing kita di dunia online, dan cara ngatasinnya.

 

Insyaallah review praktek dari 2 riset ini bakal Mang Ujang tulis di ebook berikutnya: 3 Cara Riset Pasar Untuk Toko Online Bagian 2.

So, pantengin terus yah, jangan sampe ketinggalan infonya.

 

KETINGGALAN INFO!?

Nah, biar nanti ga ketinggalan infonya, Mang Ujang saranin para mitra semua untuk gabung di Facebook Mang Ujang:

Profile: Facebook.com/Ujang.Dropsip

Page: Facebook.com/MangUjangDropsip

Group: Facebook.com/UjangDropsip

IndoStore Theme
20 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *